YM : adhi_pras
Email : adhi_pras@yahoo.com
Google Talk : adhipras82@gmail.com
Windows live masangger : adhi_pras@windowslive.com
Masih Cari Referensi
Dalam Prosess, sabar
[archives]

adhipras.com

adhipras.com

White Ballance

| |


White balance (WB) adalah proses menghilangkan warna putih seperti gips yang tidak realistis, jadi objek yang terlihat putih secara pribadi akan di render dengan warna putih di foto anda. White balance kamera yang tepat harus memperhitungkan "temperature warna" sumber cahaya, yang mengacu pada kehangatan relative atau kesejukan cahaya putih. Mata kita adalah Mahakarya yang sangat baik dalam menilai sesuatu yang putih dibalik sumber cahaya yang berbeda, tetapi kamera digital selalu mengalami kesulitan besar dengan auto white balance (AWB) - dan dapat menciptakan biru yang samar, orange, dan bahkan warna hijau keputihan. Memahami white balance digital dapat menolong anda menghindari warna gips, dengan demikian meningkatkan foto Anda di bawah berbagai kondisi pencahayaan yang lebih luas.



BACKGROUND: COLOR TEMPERATURE
Temperature warna menggambarkan spectrum cahaya yang dipancarkan dari "titik hitam" dengan suhu permukaannya. Titik hitam adalah obyek yang menyerap seluruh cahaya yang masuk secara tidak sengaja - tidak memantulkan tapi juga tidak membiarkan cahaya-cahaya tersebut lewat. Sebuah perumpamaan kasar dari radiasi titik hitam dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin dalam pemanasan logam atau batu: hal ini dikatakan menjadi "merah panas" ketika mencapai suatu suhu, dan kemudian "putih panas" untuk temperature yang lebih tinggi. Demikian juga, titik hitam pada suhu berbeda juga memiliki berbagai temperature warna "cahaya putih". Meskipun namanaya demikian, cahaya yang mungkin tampak putih tidak selalu mengandung pemerataan distribusi warna di spectrum yang terlihat:


Intensitas relatif telah dinormalisasi untuk setiap temperatur (dalam kelvin).
Perhatikan bagaimana menghasilkan cahaya 5000 K sekitar netral, sedangkan 3000 K dan 9000 K masing-masing menghasilkan spektrum cahaya yang mengandung pergeseran panjang gelombang lebih oranye dan biru. Sejalan dengan menigkatnya warna suhu, distribusi warna akan menjadi dingin. Ini mungkin tidak tampak, namun hasil dari fakta membuktikan bahwa panjang gelombang lebih pendek mengandung energy cahaya yang lebih tinggi.
Mengapa temperature warna adalah deskripsi tentang cahaya berguna untuk fotografer, jika mereka tidak pernah berurusan dengan titik hitam yang sebenarnya / blackbodies? Untungnya, sumber cahaya seperti siang hari dan lampu tungsten sangat menyerupai distribusi cahaya yang diciptakan oleh blackbodies, meskipun sumber lain seperti pencahayaan neon dan pencahayan yang paling komersial berangkat dai blackbodies secara signifikan. Karena fotografer tidak pernah menggunakan temperature warna untuk merujuk ke sumber cahaya titik itam / blackbody sejati, istilah ini tersirat menjadi "korelasi temperature warna" dengan kemiripan warna blackbody. Tabel berikut adalah panduan rule-of-thumb untuk korelasi suhu warna beberapa sumber cahaya yang umum:
Color Temperature Light Source
1000-2000 K : Candlelight
2500-3500 K : Tungsten Bulb (household variety)
3000-4000 K : Sunrise/Sunset (clear sky)
4000-5000 K : Fluorescent Lamps
5000-5500 K : Electronic Flash
5000-6500 K : Daylight with Clear Sky (sun overhead)
6500-8000 K : Moderately Overcast Sky
9000-10000 K : Shade or Heavily Overcast Sky

DALAM PRAKTEK: JPEG & TIFF FILES
Sejak beberapa sumber cahaya tidak menyerupai radiator blackbody, white balance menggunakan variabel kedua di samping suhu warna: pergeseran hijau-magenta. Mengatur pergeseran hijau-magenta sering tidak perlu di bawah cahaya siang hari biasa, namun pencahayaan buatan neon dan lainnya mungkin memerlukan signifikan hijau-magenta penyesuaian WB.


Untungnya, kebanyakan kamera digital sudah dilengkapi berbagai white balance yang telah ditetapkan, sehingga Anda tidak harus berurusan dengan temperatur warna dan pergeseran hijau-magenta. Simbol yang umum digunakan untuk masing-masing dapat dilihat pada gambar di atas.
Tiga pertama white balance memungkinkan untuk berbagai temperatur warna. Auto white balance tersedia di semua kamera digital dan menggunakan algoritma perkiraan terbaik dalam rentang yang terbatas - biasanya antara 3000/4000 K dan 7000 K. White balance custom memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dari referensi abu-abu yang dikenal dengan pencahayaan yang sama, dan kemudian di set sebagai white balance foto berikutnya. Dengan "Kelvin" Anda dapat mengatur suhu warna atas berbagai jangkauan yang luas.
Enam yang tersisa white balance yang terdaftar dalam rangka meningkatkan suhu warna, bagaimanapun banyak kamera saku tidak mempunyai shade white balance. Beberapa kamera juga termasuk pengaturan "Flourescent H", yang mana dirancang untuk bekerja dala cahaya siang hai - dikaliberasi dengan lampu fluorescent.
Deskripsi dan simbol untuk white balance di atas hanya merupakan perkiraan kasar untuk pencahayaan yang sebenarnya mereka alamai. Bahkan, mendung dapat digunakan pada cahaya siang hari tergantung pada waktu, elevasi, atau derajat kekaburan. Secara umum, jika gambar Anda tampak terlalu dingin di preview layar LCD Anda (tanpa pengaturan), Anda dapat dengan cepat meningkatkan suhu warna dengan memilih simbol lebih bawah dalam daftar di atas. Jika gambar masih terlalu dingin (atau hangat jika pergi ke arah lain), Anda dapat ubah untuk secara manual memasukkan suhu dalam pengaturan Kelvin.
Jika semuanya gagal dan gambar masih tidak memiliki WB yang benar setelah memeriksa di komputer, Anda dapat menyesuaikan keseimbangan warna untuk menghapus gips warna tambahan. Atau, bisa klik referensi berwarna (lihat bagian referensi netral) dengan "set point abu-abu" pipet saat menggunakan "level" tools di Photoshop. Salah satu dari metode ini harus dihindari karena mereka dapat sangat mengurangi kedalaman bit dari gambar Anda.

DALAM PRAKTEK: RAW FILE FORMAT
Sejauh ini solusi white balance terbaik untuk memotret menggunakan format file RAW (jika kamera Anda mendukung mereka), karena ini memungkinkan Anda untuk mengatur * WB setelah * foto diambil. File RAW juga memungkinkan seseorang untuk mengatur White Balance berdasarkan berbagai temperatur warna yang lebih luas dan pergeseran hijau-magenta.
Mengatur white balance dengan file RAW adalah cara cepat dan mudah. Anda dapat mengatur slider temperatur dan hijau-magenta sampai gips warna dihapus, atau Anda dapat mengklik pada referensi yang netral dalam gambar (lihat bagian berikutnya). Bahkan jika hanya salah satu foto Anda berisi referensi netral, Anda bisa klik dan kemudian menggunakan pengaturan WB yang dihasilkan untuk sisa foto Anda (dengan asumsi pencahayaan yang sama).

CUSTOM BALANCE PUTIH: MEMILIH REFERENSI NETRAL
Sebuah referensi netral sering digunakan untuk warna-kritis proyek, atau untuk situasi di mana salah mengantisipasi auto white balance akan menghadapi masalah. Referensi netral dapat menjadi bagian dari adegan Anda (jika Anda beruntung), atau dapat barang portabel yang Anda bawa bersama Anda. Berikut adalah contoh dari referensi beruntung dalam adegan senja dinyatakan kebiruan:


Di sisi lain, pra-dibuat referensi portabel hampir selalu lebih akurat karena salah satu dapat dengan mudah tertipu untuk berpikir objek adalah netral ketika sebenarnya bukan. Referensi portabel bisa mahal dan dirancang khusus untuk fotografi. Referensi abu-abu yang ideal adalah salah satu yang mencerminkan semua warna dalam spektrum yang sama, dan konsisten dapat melakukannya di bawah berbagai temperatur warna. Sebuah contoh dari referensi pra-dibuat abu-abu muncul di bawah ini:


Referensi rumah tangga biasa netral bagian bawah tutup untuk kopi atau wadah Pringles. Ini adalah kedua murah dan cukup akurat, meskipun custom-made referensi fotografi adalah yang terbaik (seperti kartu yang ditunjukkan di atas). Perangkat Custom-made dapat digunakan untuk mengukur baik insiden atau suhu warna yang dipantulkan dari yg dihiasi dgn lampu-lampu tersebut. Paling netral referensi mengukur memantulkan cahaya, sedangkan perangkat seperti meter white balance atau "ExpoDisc" dapat mengukur cahaya insiden (dan secara teoritis dapat lebih akurat).
Perawatan harus diambil ketika menggunakan referensi netral dengan noise tinggi, karena mengklik pada daerah abu-abu tampaknya benar-benar dapat memilih piksel warna-warni disebabkan oleh noise warna:


Jika perangkat lunak Anda mendukung itu, solusi terbaik untuk mengatur keseimbangan white balance dengan gambar yang penuh noise adalah dengan menggunakan pixel rata-rata dengan daerah abu-abu noise sebagai referensi Anda. Hal ini dapat berupa rata-rata piksel 3x3 atau 5x5 jika menggunakan Adobe Photoshop.

CATATAN TENTANG auto white balance
Subjek tertentu menciptakan masalah bagi auto white balance kamera digital - bahkan dalam kondisi siang hari yang normal. Salah satu contoh adalah jika gambar sudah memiliki kehangatan atau kesejukan yang berlbih karena materi subjek yang unik. Gambar di bawah menggambarkan situasi di mana subjek yang didominasi merah, sehingga kesalahan kamera ini untuk menghasilkan warna yang disebabkan oleh sumber cahaya hangat. Kamera kemudian mencoba untuk mengkompensasi hal ini sehingga warna rata-rata gambar lebih dekat ke netral, tetapi dalam melakukan hal itu tanpa sadar menciptakan cast warna kebiruan pada batu. Beberapa kamera digital lebih rentan untuk ini daripada yang lainnya.


(Custom white balance menggunakan kartu abu-abu 18% sebagai referensi netral.)
Auto white balance Sebuah kamera digital sering lebih efektif bila foto berisi setidaknya satu elemen berwarna putih atau terang. Tentu saja, jangan mencoba untuk mengubah komposisi Anda untuk memasukkan benda tak berwarna, namun hanya akan menyadari bahwa ketiadaan dapat menyebabkan masalah dengan auto white balance. Tanpa perahu putih pada gambar di bawah, auto white balance kamera keliru menciptakan sebuah gambar dengan suhu warna sedikit lebih hangat.


DALAM CAMPURAN WARNA
Beberapa illuminants dengan suhu warna yang berbeda dapat lebih rumit melakukan white balance. Beberapa situasi pencahayaan mungkin bahkan tidak memiliki keseimbangan yang benar-benar "tepat" putih, dan akan tergantung pada di mana akurasi warna yang paling penting.


Di bawah pencahayaan campuran, auto white balance biasanya menghitung suhu warna rata-rata untuk seluruh adegan, dan kemudian menggunakan ini sebagai white balance. Pendekatan ini biasanya dapat diterima, namun auto white balance cenderung membesar-besarkan perbedaan suhu warna untuk setiap sumber cahaya, dibandingkan dengan apa yang kita lihat dengan mata kita.
Perbedaan berlebihan dalam suhu warna sering paling jelas dengan pencahayaan dalam ruangan dan alami dicampur. Gambar kritis bahkan mungkin memerlukan white balance yang berbeda untuk setiap daerah pencahayaan. Di sisi lain, beberapa mungkin memilih untuk meninggalkan temperatur warna seperti.
Perhatikan bagaimana bangunan di sebelah kiri cukup hangat, sedangkan langit agak dingin. Hal ini karena white balance didirikan berdasarkan sinar bulan - membawa keluar suhu warna yang hangat dari bawah pencahayaan buatan. Menyeimbangkan putih berdasarkan cahaya alami sering menghasilkan foto yang lebih realistis. Pilih "batu" sebagai referensi white balance dan melihat bagaimana langit menjadi tidak realistis biru.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar

Artikel Menarik

Search tags: video kamera,video shooting,videographer,handycam,sony,jvc,review handycam,hd handycam,panasonic,,video prewedding,rental video dvd,format dvd,kompresor video,ligos indeo download,quicktime installer,peluang usaha,peluang bisnis,peluang bisnis rumahan,modal di bawah 1 jt,usaha tanpa modal,5 juta,video liputan,sewa handycam,video dokumentasi,rental handycam,rental lcd screen,sewa lcd screen,sewa betacam,canon xl1s,sony dv camcorder,video editing software,capture video,hi-8,animasi,pinnacle,vhs,mini dv,liputan acara pernikahan,video ulang tahunharga handycam,toko handycam,toko kamera,vx2000,vx2100,md9000,md10000,3ccd,camcorder,handycam bekas,handycam second,mini camcorder, handycam review bisnis video clip, video klip, video stock,transfer kaset beta dvd vcd stok video

Cari artikel saya

Memuat...